Thursday, September 18, 2008

Like Mother Like Daughter....

Yang aku maksudkan dengan like mother like daughter disini adalah persamaan sikap. Aku banyak melihat sikap sikapku dalam menghadapi anak anakku banyak sekali persamaannya dengan bagaimana orang tuaku menyikapiku ketika aku kecil dulu. Padahal dulu aku paling kesal kalau dicubit sama mamak kalau marah. E....gak taunya kalau aku lagi kesal misalnya ketika anak anakku nakal nakal.......hmmm....bunda selalu bilang jangan pernah bilang nakal untuk anak. karena kata kata seorang ibu itu adalah doa. Jadi kalau marah ketika mereka "misbehave", aku suka bilang (dengan nada marah tentunya), "ih......baik kali anak ini......jadi anak yang sukses dan bahagia ya??? Bahkan kadang kadang kalau marahnya sangat marah aku tambahin lagi bersamaan dengan cubitan tentunya "Jadi anak yang saleh, patuh sama orang tuanya ya.......anak yang suka bersedekah......anak yang berhasil......sekolah keluar negeri di sekolah yang paling bagus ya......
Anyway.....mengenai cubitan tadi, ada macam macam jenis cubitannya. Ada yang cubitan tebal kalau marahnya kurang, ada juga cubitan yang sedang kalau marahnya juga sedang, dan ada yang cubitannya kecilll......kalau marahnya sangat marah. Yang paling sering kena cubitan adalah.....Irsyad. Soalnya dia yang paling sering bikin aku marah. Paling hobi gangguin adik adiknya. Yang kedua adalah Shahnaz....(surprise?), soalnya shahnaz yang paling spoiled. Sedikit aja diganggu, nangisnya kayak udah cedera berat. Mulanya aku tabah tabahkan mendengar teriakan teriakannya. Tapi kalau udah gak tahan kedua duanya kena cubitan halus alias kecil. Kalau Aslan yang paling sweet.....jarang kali misbehave. Aslan kena cubitan biasanya kalau dia berada di "wrong place at the wrong time"......you know.......tapi seringnya aku menyesal abis itu.

Kalau Bapakku lain lagi ceritanya. Bapak orangnya sangat menyenangkan dan penuh humor. Tapi giliran teman temanku main kerumah, seperti kebanyakan bapak bapak aceh yang lain, kalau ketemu pastinya gak banyak omong. Basa basi aja "Udah makan?". Aku sih senyam senyum aja karena udah biasa. Gak perduli waktu itu apakah pagi hari, siang, sore, ataupun malam. Terus beberapa saat lagi kalau kebetulan lewat lagi, basa basi lagi, "udah makan?".

Suatu kali aku dan keluargaku pergi ke kenduri kawinan saudara. Eh, ketemu pulak dengan teman-teman cowok di sekolahku. Karena tiba tiba dan gak ada persiapan aku jadi salah tingkah, langsung aja aku berbasa basi, "udah makan?" Aku dengar dibelakangku suara tawa terkikik kikik. Aku lupa waktu itu, entah kakak kakakku, entah tante-tanteku, entah kakak kakakku dan tante tanteku yang tertawa terkikik kikik dibelakangku, sambil bilang "udah kayak bapak aja basa basinya." ha ha ha......

Tapi kebiasaan mamak yang rajin bersih bersih dan organize gak terikut olehku. Padahal kebiasaan inilah yang sangat aku impikan. Mamak orangnya bersih kali dan rajin kali. Setiap hari pasti bersih bersih rumah. Kalau gak percaya liat aja lemari pakaian mamak. Semua bajunya rapi.....sekali terlipat. termasuk selendang selendang yang lembut lembut dan susah dilipat. Teratur sekali. baju yang digantung juga tergantung rapi. belum lagi tas tas semuanya teratur rapi. sangking rapi dan teraturnya di lemari yang kecil bisa muat banyak. Beda denganku yang emang dari dulu centang prenang. Lemari pakaianku berantakan. Kalau lagi rajin aku bersihkan rapi juga (biarpun gak serapi mamak), Baju aku gantung teratur, pink dengan pink, kemudian biru biru, putih putih dll. Tapi biasanya bertahan sebentar, terusnya centang prenang lagi.

Dulu mamak suka marah kalau aku pake baju cuma sekali aja dan langsung buang ke tumpukan kain kotor. Mamak bilang, "putoh sayep sayep bak ta rah ija" (putus sayap sayap kita cuci kain).
Padahal ada kakak yang datang setiap hari kerumah untuk mencuci baju dan menggosok. Anak anakku juga sekarang begitu. pake baju cuma sekali langsung lempar ke hamper. Apalagi shahnaz kalau sedang kementelan, ganti ganti baju dalam sehari. Giliran aku yang teriak marah, "capek kali mama cuci baju". Padahal cuci baju pake mesin dan kami gak ada cerita menggosok gosok baju.

No comments: