Wednesday, July 23, 2008

Rendang Aceh vs Rendang Padang

Beberapa waktu yang lalu, temanku datang berkunjung dan menginap dirumahku. Yang satu orang Aceh, dan yang satunya lagi orang Padang. Aku senang sekali. Apalagi kedua temanku ini boleh dibilang jago memasak.

Dasarlah emang aku malas masak, langsung aja aku menggunakan kesempatan ini.
"kebetulan aku ada daging dikulkas, mau gak bikinin rendang". he heh, padahal sih emang jauh hari sengaja aku beli daging banyak banyak.

Temanku langsung bersemangat dan segera membuat bumbunya. Akunya girang kali, segera aja mengeluarkan daging dari kulkas.

Ternyata aku gak punya daun jeruk, jadinya temanku yang orang aceh menambahkan sere yang banyak. Temanku yang orang Padang bilang, "jangan banyak banyak serenya, nanti malah rendangnya jadi pahit. Begitu kata ibuku."

Temanku yang orang Aceh berkeras dan gak mau kalah, "ibu dan nenekku dari dulu kalau bikin rendang selalu pake sere banyak banyak. gak pahit kok, enak malahan."

Setelah berargumentasi sedikit, akhirnya temanku yang orang Aceh menanglah. Padahal kan rendang asalnya dari Padang, tapi emang dasar orang Aceh.......

Hasilnya? jadilah rendang Aceh.....
Apakah rasanya sama dengan rendang padangsih aku juga kurang jelas. Yang jelas rasanya enak.........apalagi bagiku....yang tinggal makan aja......

No comments: